Kamis, 09 September 2010

Memelihara Ikan Cupang Hias


Anda mungkin telah banyak mendengar atau bahkan mengenal ikan cupang hias (betta splendens sp)? ya, ikan hias ini banyak sekali diminati karena bentuk tubuh serta warna yang indah, serta kelincahannya (cupang aduan).


Foto : ikan cupang hias (betta splendens sp)

Untuk memulai memelihara ikan cupang hias (betta splendens sp), hal yang harus diperhatikan khususnya bagi pemula, yaitu :
    1. - pemilihan bibit, usahakan membeli bibit ikan jantan, tidak cacat, lincah serta sehat.
    2. - pilihlah ikan dengan warna yang cerah, harmonis dan merata baik di tubuh maupun di sirip serta ekornya.
      Memelihara ikan cupang hias tidaklah susah, tetapi ada sesuatu yang harus diperhatikan didalam memelihara ikan cupang hias (betta splendens sp) agar keindahan sirip serta warnanya tetap terjaga. Hal yang harus diperhatikan dan dilakukan adalah :
      Berikut Tips memelihara ikan cupang hias agar tetap kelihatan indah & menarik :
      1. peliharalah ikan di dalam aquarium yang diberi penyekat,
      2. penggantian air paling tidak minimal 3 kali sehari,
      3. tambahkan ammonia chloraminei dengan dosis 2 mili setiap 2,5 Liter air, hal ini dilakukan untuk menjaga nafsu makan si ikan.
      4. bukalah sekat selama kurang lebih 10 menit pada pagi setiap hari agar ikan saling berhadapan, hal ini ditujukan agar si ikan terbiasa mengembangkan sirip-siripnya.
      5. beri makan ikan secukupnya, dan usahakan jangan ada sisa pakan di dalam air untuk menjaga kebersihan air.
      6. setiap 2 atau 3 kali seminggu , usahakan ikan terkena sinar matahari (dijemur) kurang lebih sekitar 15 - 20 menit sambil dihadapkan dengan ikan cupang lainnya, hal ini bertujuan agar warna ikan tidak menjadi gelap dan sekalian membiasakan ikan mengembangkan sirip-siripnya.
      7. jangan lupa mengganti air dengan cara disedot, sisakan kira-kira 1/3 air, baru kemudian masukan air yang telah di inapkan. 

        Hal yang lain yang sangat penting dalam memelihara ikan cupang hias yaitu, keuletan kita dalam melakukan perawatan, baik ikan maupun tempat tinggal si ikan itu sendiri.  Demikina dari saya semoga Tips di atas bisa bermanfaat.


        Thank's...

        Tidak ada komentar:

        Posting Komentar